Jumat, 07 September 2007

Mudahnya Membikin Thin Client


Tahun 2001 dulu, pertama kali mengenal Citrix 1.8 kesan pertama kali yang muncul dalam benak saya "WoW". Pokoknya keren habis aplikasi Citrix kalo bener-bener di manfaatin ke konsep jaringan. Dengan rekan guru yang laen [Pak Aris] kita ngoprek habis Citrix di Lab. Komputer dengan di sisi server kita install Windows 2000 Server dan di sisi client Windows 98 ataupun kita hanya menggunakan Disk Boot Citrix.

Kemudian tahun 2002 pindah kerjaan di tempat baru, kebetulan juga menggunakan aplikasi Citrix untuk komunikasi data antara Jakarta - Semarang [Citrix Metaframe XP 1.0]. Disini kehebatan Citrix emang bener-bener full di gunakan untuk rangkaian aktifitas aplikasi kantor.

Disini saya hanya membahas mudahnya membuat Thin Client tanpa Personal Computer. Dulu dengan Citrix kita bisa memakai desktop untuk mengambil view image dari sisi server. Dengan perkembangan jaman, sekarang ada device yang bener-bener bikin kita berkata "AhA". Sebenarnya device ini sudah di gunakan oleh kantor saya sejak tahun 2006. Cuman baru sempet sekarang kasih share informasinya. Kita memakai Office Station [http://ncomputing.com] L200 dan L110, ampuhnya untuk memakai computing terminal ini resepnya ada di sisi server dengan memory yang harus besar selain processor yang emang bener-bener oke.

Serie L110

Serie L200


Dengan menggunakan Office Station diatas, kita hanya menginstal di sisi server aplikasi NComputing saja dan membikin account user yang akan konek ke server. setelah itu tinggal configurasi di sisi Office Station dengan mengarahkan gateway ke IP server.
Selain mudah di dalam membikin "client-client" baru sesuai kebutuhan user, kita harus perhatikan jika server tersebut di include kan ke main server. Disini kita bisa bermain menggunakan segmen ip class yang berbeda, kita membutuhkan 2 NIC. NIC yang pertama untuk "include" di main server dan NIC yang kedua untuk ke "client-client" Office Station.

Sekian reportase saya mengenai "Mudahnya Membikin Thin Client"

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks Info nya, semoga Amal nya diterima sisi Nya..
Amin

Dadi Diwadi Rachmat mengatakan...

"Membikin".....he..he..denger..eh bacanya rada aneh. Sengaja, ya ? nggak pake kata "Membuat" ?